Monday, October 25, 2010

Kafein Meningkatkan Metabolisme, Menurunkan Berat Badan

Membaca informasi ini, siapa pun yang gila kopi (terutama perempuan) pasti langsung jingkrak-jingkrak *atau mungkin saya aja ya? ...*

Berdasarkan buku “The Miracle of Caffeine” karangan peneliti Bennett Alan Weinberg dan Bonnie K. Bealer, kafein meningkatkan laju metabolisme, dan karena itu, membakar lebih banyak kalori sehingga berat badan seseorang dapat berkurang.

Menurut peneliti Robert Conlee, Ph.D, kafein meningkatkan laju metabolisme dengan mempengaruhi kerja sistem neurotransmitter. Kafein, sebagaimana telah dibuktikan dalam berbagai penelitian, mempercepat metabolisme selama 24 jam setelah dicerna.

Empat mekanisme kerja kafein dalam menurunkan berat badan (dikutip dari buku “The Miracle of Caffeine”):

1. Menurunkan nafsu makan dan membuat kita lebih cepat kenyang, serta mempertahankan kondisi kenyang untuk kurun waktu yang lebih lama
2. Meningkatkan liposis atau pembakaran lemak
3. Meningkatkan laju metabolisme basal, serta membakar kalori alih-alih menyimpannya
4. Meningkatkan kapasitas berolahraga dan penggunaan enerji, serta jumlah lemak yang dibakar selama berolahraga (jadi tetep ya neng, kudu olahraga…)

Nah, jangan ragu untuk ngopi. Asalkan takarannya pas (tidak berlebihan), manfaatnya banyak lho, termasuk untuk urusan berat badan. Yeay!

(*written by Vera Makki* - http://kopiluwakstory.blogspot.com)

2 comments:

  1. Vera: Thanks for the info. Keep blogging.
    Sekedar informasi: perempuan memiliki andil yang sangat besar di dunia kopi. http://www.royalpi.com/blog/women-have-green-thumbs-and-vital-roles-coffee-d

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Steve, thanks for walking around my blog. Let's follow each other! Juga terima kasih atas informasinya. Perempuan memang punya andil di banyak hal. Bangga.

      Delete